APD Kastem Buatan Warga Kota Kediri, Tetap Aman Meski Terlihat Unik - Romansa Bening

Breaking

APD Kastem Buatan Warga Kota Kediri, Tetap Aman Meski Terlihat Unik




Ada yang berbeda dengan alat pelindung diri (APD)  buatan Ivan Saputra (37) dan isterinya, Sri Lestari (37) warga Jalan Rinjani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Mereka mengastem APD dengan berbagai macam warna dan model pakaian ala super hero maupun tokoh kartun yang terkenal.

Kreativitas mereka  banyak dilirik  para dokter maupun tenaga medis yang membutuhkan APD dalam tugas sehari – hari. Ini membuat mereka  kebanjiran order, bahkan dari luar negeri.

Biasanya APD berwarna putih polos dan monoton. APD buatan mereka terlihat berbeda, dengan berbagai macam gambar maupun warna. “Awalnya dapat curhatan dari seorang teman yang berprofesi sebagai dokter gigi, yang jenuh dengan APD yang sering ia kenakan sehari – hari,” kata Ivan.


Ivan sedang menjahit alat pelindung diri (APD) pesanan pelanggannya



Selain bermotif, APD yang dia kastem juga dibuat pas dengan ukuran tubuh sehingga kelihatan fashionable ketika digunakan. Meski unik, pembuatan APD  tetap mempertimbangan standar keamanan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. “Ini bahannya khusus dan lebih bagus dari yang dijual biasanya. Bisa dicuci dan digunakan lagi selama tidak robek,” ujarnya.

Biasanya Ivan dan isterinya merampungkan sebuah APD kastem antara 3 hingga 5 hari, menyesuaikan tingkat kesulitan. “Sulitnya dalam menyesuaikan ukuran badan pemesan dengan gambar yang diinginkan,” tutrnya.

Untuk sebuah APD full kastem dia mematok harga Rp 350 ribu. Awalnya dia melayani pesanan dari wilayah Jawa Timur saja, namun sekarang pemesan juga dari luar Jawa, seperti Kalimantan, Jambi, Jakarta, bahkan hingga negeri tetangga Malaysia dan Singapura.”Sekarang yang sedang saya kerjakan pesanan dari Malaysia, beberapa dokter yang ada di Singapura dan Hongkong juga hendak memesan,” ucapnya. (*)