Mewarnai Hari Kemerdekaan dengan Kegembiraan - Romansa Bening

Breaking

Mewarnai Hari Kemerdekaan dengan Kegembiraan

 
Seperti tahun – tahun sebelumnya, Bulan Agustus selalu penuh dengan suka cita anak bangsa dalam merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Anak – anak , remaja, hingga orang tua ikut ambil bagian dalam merayakan hari kemerdekaan itu.
Seperti yang berlangsung di RT 4/RW 1 Lingkungan Karanganyar Kelurahan Ngronggo. Warga di kawasan itu merayakan hari kemerdekaan dengan berbagai macam perlombaan tradisonal. Berbagai jenis lomba yang umumnya dilakukan oleh anak – anak juga diikuti orang dewasa. “Orang tua juga ikut berpartisipasi. Mereka seakan nostalgia dengan perayaan 17 Agustus saat mereka masih kecil dulu,” ujar Taufik ketua pelaksana kegiatan tersebut. 
Kegiatan yang digagas oleh karang taruna Askadha RT 4/ RW 1 itu berjalan meriah. Sorak sorai para ibu terdengar lantang ketika para bapak yang berlari  sambil mengigit sendok  berisi kelereng berusaha saling mendahului. Begitu pun sebaliknya, para pria dewasa berteriak lantang menyemangati ibu – ibu yang sedang berlomba balap karung menggunakan helm.  
Di lain sisi, ketika anak – anak beraksi, kebanyakan orang tua memberikan motivasi dan semangat yang tinggi agar sang anak dapat memenangkan perlombaan. Seperti ketika lomba menusuk balon menggunakan topi berpaku. “Untuk anak – anak banyak yang dilombakan, selain rangkaian perayaan, jenis – jenis lomba itu juga sebagai pengalihan fokus anak – anak yang sekarang banyak tertuju pada gawai,” ujar Rino, panitia lainnya.(*)