Senyum Ceria di Sumber Banteng - Romansa Bening

Breaking

Senyum Ceria di Sumber Banteng




Dunia pariwisata belakangan diwarnai tren munculnya kawasan wisata alam. Kreativitas warga dan pemerintah setempat membuat suatu kawasan yang dulu tak dikenal menjadi booming karena keindahan maupun keunikannya.
Salah satu contohnya Sumber Banteng. Mata air yang berada di Lingkungan Wangkalan Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri itu disulap menjadi wisata alternatif yang mampu mendongkrak aktivitas perekonomian dan kepedulian terhadap lingkungan.
Aktivitas wisata di Sumber Banteng tergolong baru. Upaya penanganannya dilakukan pada sekitar bulan Februari 2018 lalu. 
"Di sini dulu cuman buat nyuci baju dan memandikan sapi. Lebar sungainya pun hanya berkisar 1,5 meter. Kini dibendung menjadi 2 bagian, lebarnya pun bertambah luas,” ujar Darsono, salah satu warga sekitar.
Di tempat itu, ada dua tempat yang terpisah oleh tumpukan sak berisi tanah sebagai bendungan. Satu tempat digunakan untuk mandi satu lainnya khusus menggunakan perahu dan ban.
Cukup dengan Rp 2 ribu, perahu mirip sampan serta ban dalam yang dimodifikasi seperti perahu, sudah bisa dinikmati dengan sepuasnya untuk mengelilingi sumber tersebut.
Di lokasi itu juga tersedia ayunan dari ban mobil bagian luar. Ayunan tersebut terletak persis di tengah – tengah area berenang. Banyak anak – anak yang berebut untuk bermain di ayunan tempo dulu itu.(*)