Komunitas Potret Jalanan Kediri - Romansa Bening

Breaking

Komunitas Potret Jalanan Kediri



Dokumentasi komunitas saat kumpul bersama di Jalan Dhoho Kota Kediri.


Melihat dari Sisi Yang Berbeda

Saat ini, banyak orang menggeluti hobi fotografi. Jika dulu fotografi selalu menyandang predikat sebagai salah satu hobi yang mahal, maka akan berbeda dengan kondisi saat ini, karena banyak gadget yang canggih dan murah.


Selain itu, ada beberapa genre fotografi yang dapat digeluti tanpa harus mengeluarkan modal banyak. Salah satunya adalah street photography atau fotografi jalanan.


Fotografi jalanan, adalah genre yang mulai marak dilirik para fotografer awam hingga profesional. Alasan sederhananya, pada era perkembangan teknologi seperti saat ini, perangkat untuk mengabadikan momen di jalanan tak lagi butuh kamera profesional  bahkan kamera smartphone pun juga dapat digunakan. Mungkin inilah salah satu alasan kenapa genre tersebut banyak diminati.

Di Kediri, ada salah satu komunitas yang mewadahi para pecinta fotografi jalanan. Mereka menamakan diri PJK (Potret Jalanan Kediri). Komunitas yang terbentuk pada 24 Juli 2017 itu banyak diminati oleh fotografer pemula maupun professional.


Terbukti dengan jumlah anggotanya yang mencapai 1.400 orang diawal tahun ini.

Awalnya, komunitas ini digagas oleh Agus Sugiarto dan Andi Pratama. Menurut mereka, komunitas ini berdiri atas keinginan untuk menyalurkan hobi dan minat para fotografer dengan street photography.


Meski nama Kediri melekat di komunitas ini, bukan berarti komunitas ini dibuat khusus untuk Kediri saja tapi banyak anggota yang luar kota juga.


Agus Sugiarto, salah satu admin Komunitas PJK di laman facebook, mengatakan bahwa semua orang bisa bergabung di komunitas ini. Setiap hari, ada empat admin yang stand by memantau grup facebook ini.


“Semua orang bisa bergabung di komunitas ini, baik pemula maupun professional. Bahkan, anggota yang dari luar Kediri juga banyak,” jelasnya. (*)