Simakrama Naga Raja - Romansa Bening

Breaking

Simakrama Naga Raja



Mungkin tak banyak yang tahu istilah naga raja. Padahal naga raja selalu muncul saat pertunjukan jaranan digelar. Ya, naga raja merupakan nama lain dari barongan, karakter topeng raksasa yang menyerupai naga. 

Minggu (9/12), beberapa pengiat dan pecinta naga raja berkumpul di Dusun Katang Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Mereka berkumpul dalam acara Simakrama atau dalam bahasa sehari – hari berdialog. Selain berdiskusi antar pelaku seni barongan, dalam kegiatan tersebut juga mengadakan mini kontes barongan. 

Eka, salah satu pegiat kesenian di Kabupaten Kediri mengatakan, akhir – akhir ini barongan booming dan semakin banyak dikenal. Di Kediri sendiri, banyak yang menekuni pembuatan maupun menari dengan topeng kepala naga tersebut. 

 “Selain itu, rekan – rekan panitia mengedukasi seluruh pelaku seni barongan untuk menari dengan baik dan benar. Akhir – akhir ini pertunjukan barongan dinodai dengan aksi tawuran. Harapannya, edukasi tersebut dapat menjadi pelajaran tersendiri,” ujarnya. 

Eka menambahkan, rencananya edukasi tentang sejarah dan berbagai macam pengetahuan tentang barong juga akan diberikan kepada para fans fanatik kelompok – kelompok barongan yang ada. (*)