Uang Logam Melintas Masa - Romansa Bening

Breaking

Uang Logam Melintas Masa

 



Fungsi uang logam bergeser dalam lintasan waktu. Tak hanya jadi alat transaksi seperti tujuan awal dibuat, uang logam yang terbilang kuno bergeser fungsinya menjadi perlengkapan sesaji, memperindah mahar, hingga investasi karena harganya yang melampaui nilainya.

Di forum jual beli online, harga uang logam, khususnya yang kuno bisa sangat tinggi. Meski tak setinggi di marketplace, penjualan uang logam di pasar lokal Kota Kediri, seperti di pasar barang bekas Kaliombo dan lapak pinggir jalan, juga menunjukkan masih moncernya harga uang logam, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Ahmad Daroji Siahaan (50), salah satu penjual uang koin di Kelurahan Jagalan, Kota Kediri mengatakan, uang logam memang layak menjadi buruan. Biasanya uang koin diburu sebagai pelengkap sesaji, mahar pernikahan, dan sebagai koleksi. Umumnya, semakin langka koinnya, harganya pun mahal, meski nilai yang tertera kecil. 

Selain itu, bahan juga mempengaruhi harga dan penjualan uang logam. Bahan juga menjadi penentu pantas atau tidaknya untuk dikoleksi. Misalnya, bahan perak dan tembaga lebih diminati dibandingkan bahan lainnya. "Kalau bahannya perak, harganya lumayan tinggi," katanya.






Beberapa pemburu uang logam membeli dengan jumlah yang banyak sebagai hiasan mahar. Biasanya pembeli memesan terlebih dahulu karena butuh yang seragam atau tahun cetak yang sama. "Kalau buat mahar banyak yang cari tahun cetaknya. Mereka menyamakan angka tersebut dengan tanggal lahir atau tanggal pernikahan," katanya.

Tak seperti harga yang tertera di sejumlah marketplace yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Para penjual uang kuno itu hanya menjualnya dengan kisaran harga antar Rp 2 ribu hingga Rp 20 ribu perkeping. Harga itu menyesuaikan bahan, nominal, dan kondisinya."Yang jelas jika langka harga pasti mahal," katanya.

Dalam seminggu penjual uang kuno bisa menjual 20 keping hingga 25 keping. Jumlah itu akan meningkat saat musim ritual dan pernikahan tiba. Beberapa kolektor memilih untuk menyimpan sebagai hiasan maupun investasi. Mereka percaya beberapa tahun kedepan harganya akan berlipat ganda.(*)